Mitos Atau Fakta? Terlalu Sering Mencukur Bikin Bulu Lebih Lebat dan Hitam!

Mitos atau Fakta mengenai Bulu – Anda pasti pernah dengar bahwa sering mencukur bulu atau rambut halus di sekujur tubuh malah bikin bulu tumbuh lebih lebat. Entah itu mencukur jenggot, bulu ketiak, bulu kaki, atau di bagian tubuh lainnya. Banyak juga orang yang percaya kalau terlalu sering mencukur bagian tubuh tertentu akan membuat kulit jadi menghitam. Namun benarkah demikian? Atau jangan-jangan selama ini informasi tersebut cuma mitos tanpa bukti ilmiah? Yuk, langsung simak jawaban dari para ahli berikut ini.

Sering mencukur tidak bikin bulu tumbuh lebih lebat
Mitos bahwa sering mencukur bikin bulu jadi lebih lebat itu tidak benar. Seperti dijelaskan oleh spesialis dermatologi dari University of Southern California Medical School, dr. Jennifer Wu, rambut halus yang tumbuh dari permukaan kulit Anda sebenarnya adalah kumpulan sel yang sudah mati. Rambut dan bulu bisa tumbuh terus karena bagian yang masih hidup terletak di bawah kulit, namanya folikel.

Menurut dr. Jennifer Wu, mencukur bulu hanya akan memengaruhi bagian rambut yang sudah mati. Jadi setelah dicukur, rambut halus akan tetap tumbuh lagi dari folikel yang sama. Mencukur tak akan membuat folikel bertambah banyak karena pada dasarnya folikel memang tak tersentuh cukuran sama sekali. Jadi mustahil kalau bulu Anda jadi lebih lebat hanya karena Anda sering mencukur.

Tapi mengapa sehabis dicukur bulu atau rambut halus di tubuh jadi terasa lebih lebat? Seorang pakar dermatologi dr. Lawrence E. Gibson punya jawabannya. Ujung rambut yang baru saja dicukur akan jadi lebih tajam daripada rambut yang tumbuh alami. Jadi ketika Anda mengusap permukaan kulit yang baru dicukur, teksturnya seolah lebih kasar dan lebat. Padahal bulu Anda tumbuh sama banyaknya dengan yang sudah dicukur.

Benarkah demikian? Berikut beberapa mitos tersebut dan penjelasannya oleh pakar.

1. Mitos: Bulu tumbuh lebih cepat dan tebal bila sering dicukur

Image result for Sering Mencukur Bikin Bulu Lebih Lebat dan Hitam, Mitos Atau Fakta?

Fakta: “Apabila mencukur bulu akan membuatnya tumbuh lebih tepat, apa seharusnya para pria yang botak memiliki langkah preventif dan sering-sering mencukur rambut mereka? Ini hanya persepsi. Mencukur bulu dan rambut akan membuat ujung rambut menjadi tumpul. Ini yang akan membuat rambut terlihat tebal, padahal tidak juga,” jelas Michael Dubin, CEO dan pendiri Dollar Shave Club.

2. Mitos: Pisau cukur baru lebih berisiko membuat Anda luka karena terlalu tajam

Image result for 2. Mitos: Pisau cukur baru lebih berisiko membuat Anda luka karena terlalu tajam

Fakta: “Cukur yang sempurna akan didapat ketika pisau cukur dan meluncur dengan mulus pada kulit. Ini juga dipengaruhi oleh rutinitas perawatan kulit Anda, penggunaan krim cukur, dan sebagainya. Namun yang terpenting adalah pisau cukur harus bersih. Pisau yang tumpul akan membuat bulu terpotong dengan tidak sesuai yang bisa menimbulkan kemerahan pada kulit. Apabila Anda sering mencukur, ada baiknya pisau diganti seminggu sekali,” jelas Dubin.

3. Mitos: Bulu tumbuh lebih dalam karena penekanan terlalu keras saat mencukur

Image result for 3. Mitos: Bulu tumbuh lebih dalam karena penekanan terlalu keras saat mencukur

CONTACT PERSON : 0812-2020-181

Fakta: “Salah satu cara untuk memastikan mencukur dilakukan dengan baik adalah membersihkan kulit sebelumnya. Ini akan menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menghambat pori-pori. Kondisi ini dapat menyebabkan bulu tumbuh lebih dalam dan bukan karena penekanan yang Anda aplikasikan. Pastikan juga untuk mengaplikasikan pelembab setelah mencukur,” tutur Dubin.

4. Mitos: Mencukur dengan sabun dan air boleh-boleh saja

Image result for 3. Mitos: Bulu tumbuh lebih dalam karena penekanan terlalu keras saat mencukur

Fakta: “Hindarilah cara ini apabila Anda tahu apa yang baik untuk Anda. Sabun baik untuk menghilangkan kotoran dan minyak namun tidak memberikan bantuan apa-apa bagi pisau cukur untuk meluncur sempurna pada kulit. Pastikan untuk mengaplikasikan lubrikasi khusus untuk bercukur,” imbuh Dubin.

5. Mitos: Bercukur sebelum menghadiri acara atau kesempatan tertentu

Image result for 5. Mitos: Bercukur sebelum menghadiri acara atau kesempatan tertentu

Fakta: “Apabila kulit Anda sensitif, sebaiknya bercukurlah sehari sebelumnya, sehingga kalau terjadi iritasi setelah bercukur, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengobati dan memulihkannya. Pastikan juga bahwa pisau cukur yang Anda gunakan tepat dan mengaplikasikan pelembab usai mencukur,” tutup Dubin.

Nah jika sudah tau Mitos dan Faktanya , aku kasih tau nih guys. Cara mencukur bulu tanpa sakit dengan hasil yang permanent .

Related image

CONTACT PERSON : 0812-2020-181

Green Angelica merupakan salah satu obat perontok bulu alami yang direkomendasikan oleh para ahli atau pakar
Selain dibuat dari bahan-bahan alami, produk ini juga diproses dengan teknologi modern yang mampu merontokkan bulu hingga ke akarnya, sehingga kulit pun akan mulus mempesona seperti bayi, serta tampak lebih menawan. perontok bulu Green Angelica dapat digunakan untuk menghilangkan seluruh bagian tubuh kecuali wajah, yakni kaki, tangan, ketiak atau bahkan kemaluan.

Khasiat Perontok Bulu Green Angelica sebagai berikut ini:

  • Menghilangkan Bulu Kaki dengan Cepat
  • Menghilangkan Bulu Ketiak
  • Menghilangkan Bulu Tangan
  • Mencegah Tumbuhnya Bulu
  • Mematikan Akar Bulu
  • Menghaluskan kulit
  • Merontokkan Bulu Secara Permanen
  • Tanpa iritasi dan tidak menjadikan kulit kasar

isi 35ml

POM : NA18150800005